Kamis, 06 Oktober 2011

Modifikasi Yamaha Vixion design Yamaha R6 Bodykit Set Part.06

Hello Friends!

Kita dah masuk ke Part.06 untuk Modifikasi Yamaha V-ixion ini, di part ini gw dah selesaian 2 item yang menurut gw penting, dudukan aki (accu) dan dudukan lampu belakang model Yamaha R6, maksud gw mau kelarin dudukan aki karna gw mau coba test ride vixion ini nantinya di jalanan kalau lancar minggu depan gw dah bisa jalanin Yamaha Vixion yang sudah berbaju Yamaha R6 untuk pertama kalinya..walau belum dicat full (excited!), … Ok Bro!, untuk memulai Part.06 ini gw bakal bahas pembuatan dudukan aki dan sedikit tutorial fiberglass singkat semoga berguna buat bro semua.

Step. 01
Untuk dudukan aki gw cetak langsung ukuran aki vixion, kita siapin dulu alat-alat yang diperlukan. Gunting, Masking Tape, spidol (gw saranin warna merah), kuas murah, karton box dan yang pasti harus punya resin, catalyst dan mat fiber.

step01.jpg

Step.02
Gunting karton biar gak terlalu besar, gw taro aki diatasnya untuk mengukur. Karna karton box tebal jadi gw rasa bagus bgt karna nanti jadinya gak begitu ngepas (sempit) ke aki.

step021.jpg
Step.03
Karna karton box dah ada garis2x lipatnya jadi gampang bgt buat ngelipat, tinggal ditekuk doang (gambar bawah) Lipat karton box ikuti bentuk aki yang kotak.

step03a.jpg

step03b.jpg

Step.04
Untuk mengencangkan sekalian untuk mempermudah melepas fiber glass yang udah kering, lapisi dengan Masking Tape.

step04.jpg

Step.05
Gunakan spidol merah untuk menggambar “garis lurus “seukuran dengan tinggi aki, ini berguna sebagai garis pandu untuk memotong biar lurus dan pas. Untuk memperindah bisa diberi gambar :p .. (optional).

step05.jpg
Step.06
Gunting serat fiber glass dan jangan menggunting terlalu “PAS” dengan garis karna nanti hasilnya kurang bagus, lebihkan sedikit. Next!

step06.jpg

Step.07
Campurkan resin dan catalystnya, Ada salah satu reader yang tanya tentang campuran Resin dan Catalyst yang baik, sebenarnya ada ukuranya tepatnya, tapi gw menggunakan system yang umum digunakan aja, Setengah cup plastik air mineral gw kasih kurang lebih 8 tetes catalyst, nih gw gambarin ilustrasinya dibawah.

step07.jpg

Step.08
Lapisi dengan tipis permukaan cetakan, setelah itu letakkan serat fiber diatasnya, olesin lagi dan lakukan jurus totol-totol lagi untuk meratakan peresapan resin ke mat fiber.

step08a.jpg

step08b.jpg
Step.09
Setelah semua rata dilapisin mat, langsung jemur di tempat yang terbuka, segera cuci tangan pake sabun yang bersih untuk membersihkan cairan resin yang lengket ditangan.

step09.jpg
Step.10
Setelah kering kira2x 1 jam, lepas dari cetakan karton dan gergaji mengikuti garis yang sudah kita buat sebelumnya.

step10.jpg

Step.11
Tadaaa…Selamat!! Loe dah punya dudukan aki yang baru…

step11b.jpg

Seperti ini kalo dah di taro di motor, biarpun letaknya dibawah jok dan gak bakal keliatan, daleman juga harus rapih selalu.

step12.jpg

Ok bro, semoga tutorial ke dua ini tentang fiber glass bisa sedikit membantu bro yang ingin belajar, coba terus sampai berhasil dan jangan putus asa, kesabaran diperlukan untuk hasil yang maximal. Selain gw buat dudukan aki hari minggu kemarin (27/01/2008) gw masih ada waktu untuk ngerjain lampu belakang buntut ato ekor dari Yamaha R6, foto-foto prosesnya ada dibawah ini, untuk cara-caranya sama aja seperti membuat fiberglass yang udah gw tulis sebelumya.

buntut01.jpg

buntut02.jpg
Begini tampilan setelah dudukan lampu sudah dipasang.

buntut03.jpg
Kayaknya dah semua gw tulis untuk proses Part.06 ini, gw share juga tampilang paling akhir dari Vixion kita ini.

vixi01.jpg

vixi02.jpg

vixi03.jpg

Cara membuat fiberglass gw ini walau sederhana saja dan apa adanya semoga bisa memberi pencerahan bagi bro-bro yang ingin coba-coba sendiri ato buat perbaikin spakbor ato body yang pecah. Sampai ketemu lagi di Modifikasi Yamaha Vixion design Yamaha R6 Bodykit Set Part.07, gw lampirin juga nanti foto-foto Test Ride pertama gw Vixion berbaju Yamaha R6 dijalanan, semoga berjalan sesuai rencana, see u next week..stay safe! out!!..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar