Kamis, 06 Oktober 2011

Modifikasi Yamaha Vixion design Yamaha R6 Bodykit Set Part.09

Hello Friends,

Tips & Tutorial Cara buat Spakbor Gantung

Kembali lagi nulis lanjutin proses selanjutnya. Di Part.09 ini gw siapkan tutorial cara-cara membuat Spakbor gantung seperti yang dipakai Yamaha R6 dan Yamaha YZF 150 (Vixionya Prancis)

Spakbor gantung pada Yamaha YZF150 (Vixionya bangsawan Prancis)


Contoh spakbor gantung pada Yamaha R6, Sexy..

Halaman ini berisi grafik dan photo yang banyak, jadi mungkin loadingnya agak butuh waktu, buat bro yang nanyain tentang bagaimana membuat tangki dan buntut Yamaha R6, prosesnya sama saja seperti tutorial berikut ini, tapi tahapnya lebih banyak, jadi tutorial simple ini bisa mewakili semua proses yang terlewat untuk di bahas dalam tulisan, tidak mungkin buat gw juga untuk menulis full seluruh tahapan, bisa sampai ratusan halaman :) paling tidak tutorial-tutorial singkat dalam blog ini gw tulis dan share untuk bro semua yang ingin coba-coba buat project FiberGlass Resin dan dapat dikembangkan menurut kreasi dan kreatifitas masing-masing, semoga berguna.

Tutorial kali ini bisa menjawab pertanyaan teman-teman yang menanyakan apa fungsi talk (powder) dan Mold Release karena pada tutorial ini, bahan2x tersebut akan dipakai.

Siapkan Alat & Bahan:

  1. Siapkan konsep disain.
  2. Komputer dengan software 3D (gw pake Lightwave 3D 8.0) ini digunakan untuk mempermudah pembentukan cetakan, bisa menggunakan dengan cara manual dengan cara membentuk langsung dengan penggaris dan pensil. Jadi penggunaan software 3D Modeling ini hanya optional saja.
  3. Resin, Catalyst (pengeras), Talc, FiberMat, Mold Release (Mirror Glaze), Kuas, dan pengaduk.
  4. Karton tebal, cutter, lem
  5. Siapkan juga waktu & Mental, jangan terburu-buru.

Ayoo kita mulai..

STEP 01. 3D Modeling Design

Seperti yang gw dah tulis diatas, untuk bentuk 3D konsep awal, gw pake Lightwave 3D, ini hanya optional aja, teman2x bias pakai cara manual juga dengan membentuk langsung karton dengan cutter untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan.

Untuk model spakbort gantung ada 2 part. Part A dan Part B

  • Part A: Gantungan yang nempel ke body belakang motor.
  • Part B: Kepala yang nantinya akan menempel lampu sein kiri & kanan, plat nomer dan lampu kucing.

Pelepasan Polygons dari 3D model, untuk menentukan part mana yang dilipat dan part mana yang akan dipotong, ini mempermudah pembuatan pola pada Step berikutnya

STEP 02. Layout Pola Print & Lipat.

Polygon yang sudah terlepas disusun lagi di software Macromedia Freehand (bias pake corel atau illustrator), usahakan ukuranya sudah 1:1.

Print pola yang sudah kita susun tadi. Untuk project ini gw pake karton biasa.

Hasil print pola tadi, bias langsung kita potong dengan menggunakan cutter atau gunting.

Langkah berikutnya, lipat hasil potongan pola tadi, contoh Part A dari spakbort gantung yang sudah dilipat. Kalau diperhatikan karena gw pake karton yang agak tipis jadi permukaan agak bengkok2x, ini bisa mempengaruhi hasil akhirnya, hal ini bisa disembuhkan dengan menempelkan karton tebal bekas dus, seperti gambar berikut dibawah ini.

Yang sudah dilapisi dengan katon bekas dus yang lebih tebal, permukaan sekarang sudah lurus dan rata.

STEP 03. Bermain dengan Zat Kimia

Olesi permukaan dalam karton dengan merata menggunakan Mold Release Wax (Mirror Glaze). Kalau ngak punya Mold Release wax ini bisa menggunakan wax lain seperti Vaseline tapi tidak direkomendasikan.

Persiapkan Resin, Catalyst dan Talc, Seperti ilustrasi diatas.

Campurkan resin dan talc secukupnya tergantung kebutuhan (bisa dikira-kira berapa yang bakal kepake)

Aduk rata campuran resin dan talc tadi : akan berubah menjadi “Gel” atau biasa disebut GelCoat, betul ngak?

Gel tadi kita campur lagi dengan catalyst atau pengeras, berapa tetes? Untuk campuran segelas plastic minuman mineral teteskan 8-9 tetes catalyst, jangan banyak-banyak karna kalo kebanyakan hasilnya akan pecah2x atau retak. Aduk yang rata.

Oleskan dengan rata pakai kuas ke dalam karton yang sudah dilapisi Mold Release tadi, tipis dulu aja gak apa…setelah kering bisa dilapisi lagi..kira2x sampai 3-4 lapis. Guna gel coat tadi adalah untuk mendapatkan hasil yang rata dan mulus.

Setelah dilapisi denga gel coat dan sudah kering, sekarang dilapisi dengan Fiber Mat + Resin. Biar kuat lapisin sampai 2 lapis FiberMat.

STEP 03. Finishing

Bagian yang menegangkan ketika akan membuka karton cetakan tadi, apakah berhasil atau ngak? Setelah dibuka ternyata hasilnya memuaskan, Mulus dan rata.


Part B yang juga sudah dibuka karton cetakanya, mulusss..

Langkah berikutnya, tinggal di potong sisa2x fibernya dengan gergaji besi atau gergaji listrik dan haluskan dengan amplas, siapkan diri untuk gatel2x kena debu fiber.

Part A & Part B dari spakbort gantung, sudah di bersihkan dan di rapihkan.

Pasang sein turn lights kiri dan kanan dan mata kucingnya…sambung Part A dan Part B dengan baut 4.

Dempul dikit abis itu di cat hitam…done! Hasilnya tidak jauh dari konsep kita jadi kita anggap berhasil.

Dari langkah langkah tutorial Resin Fiberglass diatas bisa digunakan untuk membuat project yang lebih besar, langkah2x diatas hanya basic aja dan semua pembuatan body fiber di Blog ini menggunakan langkah2x yang sama.

contoh yang sudah di pasang di vixion bodykit Yamaha R6. tinggal di bentuk dikit lagi biar tidak keliatan terlalu kotak.
Selamat mencoba…kreasi bebas tanpa batas!

See you at Modifikasi Yamaha Vixion design Yamaha R6 Bodykit Set Part.10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar