Jumat, 03 Juni 2011

Cara Memeriksa Windows Asli atau Palsu

Kita harus tahu apakah Sistem Operasi Windows yang digunakan asli atau palsu, kenapa?

ya pengen tahu aja deh hehe..., karena kalo kita menggunakan produk windows yang paslu berarti kita sudah melanggar hak cipta (katanya sih), kita melanggar Undang-undang, UU 19/2002 tentang Hak Cipta, dengan ancaman hukuman 1 bulan s.d 5 tahun penjara atau denda mulai dari Rp 1.000.000 s.d Rp 1.500.000.000 (tergantung jenis pelanggarannya), bla bla bla .... undang-undangnya baca di sini aja deh http://www.pu.go.id/ITJEN/HUKUM/uu19-02.htm

Ada yang bertugas untuk melakuan pemeriksaan keaslian Windows dilapangan yaitu BSA (bussiness software alliance), ingeeet . . . alliance bukan alien (mahluk asing) :D

Untuk yang kerja kantoran atau ke bandara siap-siap aja ada pemeriksaan windows asli, kalo ketauan palsu bisa ditangkap, nah lho ...

BSA akan datang bukan karena niat pelakunya tapi juga karena ada kesempatan, Waspadalah ... haha...

Makanya kita harus tahu apakah window yang digunakan asli ngga, biar kalo kita tahu windows kita palsu trus ada pemeriksaan, kita bisa mampret (meaning: run away) duluan biar ngga ketangkep haha ... (ngajarin ngga beneeer, tapi dari pada ketangkep basah, jibrug hehe..)

Untuk memeriksa apakah Windows yang kita gunakan Asli atau paslu, caranya:
  1. Inget inget lagi dimana beli cd installer windows yang buat nginstall di komputer kita, kalo di tempat resmi ya ngga perlu khawatir, tapi kalo beli di emperan seperti depan ITB, glodok, mangga dua, dengan harga sangat miring bisa dipastikan Windows Anda palsu, wong harga aslinya aja satu jutaan lebih kok ini bisa dapet sepuluh ribu? palsukaaaan?? hehe...
  2. Lihat di CPU komputer/notebook, kalo ada label Microsoft atau ada Logo Genuine, berarti bawaannya menggunakan Sistem Operasi Windows, hmm.. kalo ngga pernah di install ulang berarti bisa dipastikan asli, kalo dah pernah di install ulang belum tentu asli.
  3. Diperiksa menggunakan software diagnosa MGA, biasanya tuh BSA suka bawa-bawa cd/dvd berisi program itu untuk memeriksa Windows. MGA (Microsoft Genuine Advantage) adalah sistem anti pembajakan yang dibuat oleh microsoft yang berfungsi untuk memeriksa ke otentikan sistem operasi windows.

Caranya Memeriksa Windows dengan Diagnosa MGA:

  1. Download dulu softwarenya klik "DOWNLOAD"
  2. Terus klik 2 kali file MGADiag.exe
  3. Terus klik Continue, tunggu... tit...tit...tit..... keluar deh hasilnya
  4. Kalo hasilnya keluar bacaan Genuine (warna hijau) berarti windows orsinil/asli, kalo Invalid Product Key atau bacaan lain seperti Blocked VLK (warna merah) berarti windwos ketahuan bajakan/palsu.

Yuk kita periksa komputer yang lagi dipakai sekarang ...

Catatan:

Wahid: Kalau menyuruh orang menginstal Windows orsinil, kita harus periksa dulu untuk meyakinkan keasliannya, pake software MGADiag aja.
Isnain : Walaupun ada label Microsoftnya belum tentu asli, silakan baca disini Jenis-Jenis Lisensi Windows.

Solusi :

Biar ngga selalu degdegan kalo pake sistem operasi yach kita baiknya pake sistem operasi yang legal, kalo berani beli Lisensi Windows (Muahall).
kalo pengen yang gratisan pake produk GPL (General Public Lisence) Seperti Linux atau Unix.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar